Rabu, 03 Juli 2013

WISATA GEDANGAN YUK..!



Mau wisata kemana liburan kali ini?
Ke pantai?? Uda biasa.. ke gunung?? Biasa banget.. apa ke rumah saudara?? Tiap lebaran kesana kan. Yang bingung nentuin mau kemana ayok merapat merapat, aku bakal kasi rekomendasi tempat wisata yang ga Cuma keren tempatnya tapi sekaligus wisata edukasi plus wisata sejarah. Tempat yang aku  maksud adalah Gereja st. Yusuf dan Pastoran ronggowarsito, pernah denger tempat itu?? Memang sih tempat yang satu ini agak kurang begitu membabi buta terkenalnya kayak Bali, Borobudur, atau bahkan GWK haha.. tapi tempat ini adalah gereja yang menjadi pionir gereja katholik di daerah Semarang. Di bangun di area yang dulunya banyak ditumbuhi pohon pisang, gereja ini lebih di kenal dengan nama gereja gedangan. Di bangun antara tahun 1870 sampai 1875, gereja ini memiliki arsitektur bangunan yang keren banget, temboknya di hiasi batu bata merah yang menambah kesan elegant. Selain itu di halaman depan dekat aulanya terdapat patung yesus yang sedang menggendong seorang anak kecil yang menurut keterangan patung yesus itu sebagai pelindung gereja gedangan. Suasananya gereja dan pastorannya pun sangat nyaman dan asri, banyak pohon besar di dalamnya. Yang lebih keren lagi adalah isi dalam gereja yang benar-benar bikin mata terbelalak ketika melihat langit-langit dengan gaya eropa elegant lalu kursi-kursi jemaat yang tersusun rapi , serambi dekat gereja yang terdapat kursi goyang yang menambah kesan kuno tempat itu, jendela-jendela kayu ala jaman belanda, benat-benar serasa ada di jaman penjajahan Belanda dululah. Ini adalah sedikit gambar patung yesus dan bangunan disana.
  
Gimana? Keren kan tempatnya..
Pas kita masuk ke dalam bener-bener serasa sedang ada di jaman penjajahan belanda dulu. Berhubung tempat ini adalah tempat ibadah buat umat nasrani jadi suasananya benar-benar sunyi, ramai ketika jam-jam ibadah saja. Di depan gereja ini juga terdapat kompleks susteran yang enggak kalah kerennya sama gereja gedangan. Oh iya, gereja ini juga digunakan sebagai lokasi syuting film Soegiya arahan sutradara kondang mas Garin Nugroho. Dalam film tersebut sang sutradara berhasil mengambil lokasi-lokasi yang tepat yang ada di gereja ini. Tapi ada satu yang sedikit disayangkan apabila datang di tempat ini, yaitu perlu perijinan untuk masuk kedalam  lebih  lagi dan  kurang adanya toko-toko di sekitar. Tapi terlepas dari semua itu gereja st. yusuf dan pastoran  ronggowarsito adalah salah satu tempat wisata sejarah yang ciamik buat dikunjungi ketika singgah di kota Semarang. Lokasinya juga mudah di cari, berada di timur jl. Ronggowarsito gerejanya mengahadap barat. Ini juga ada jadwal ibadah jika ada yang mau beribadah disana, buat yang nasrani tentunya. 
Nih foto gerejanya dari sisi samping

Rekomen tempat yang tepatkan buat wisata sejarah plus wisata rohani buat yang nasrani. Buruan sambangin, tempat keren ini. Gereja st. yusuf dan pastoran ronggowarsito alias gereja gedangan Semarang.

1 komentar: